Labels

Home » » Pengukuran Panjang

Pengukuran Panjang

Pengukuran Panjang. Dalam kegiatan sehari-hari, anak-anak Sekolah Dasar akan banyak menjumpai kegiatan tentang pengukuran. Seperti menghitung teman-temannya di kelas, tinggi tubuh temannya bahkan sampai pada berat tubuh temannya.  

Pengukuran adalah suatu proses memberikan bilangan kepada kualitas fisik panjang, kapasitas, volume, luas, sudut, berat (massa), dan suhu (kennedy dan Tips, 1994). Satuan ukuran  yang akan kita bahas adalah berupa panjang, berat. Pengukuran menggunakan dua kelompok satuan pengukuran, yaitu satuan tidak baku dan satuan baku.

1. Pengukuran tidak baku 
Pengukuran tidak baku merupakan pengukuran yang hasilnya berbeda-beda karena menggunakan alat ukur yang tidak baku atau tidak standar.  Pengukuran tidak baku yang adalah sebagai berikut: 
  1. Digit adalah pengukuran yang disesuaikan dengan lebar sebuah jari 
  2. Jengkal adalah pengukura yang disesuaikan dengan jarak paling panjang antara  ujung jempol tangan dengan ujung kelingking tangan.
  3. Hasta adalah pengukuran yang disesuaikan ukuran sepanjang lengan bawah dari  siku sampai ke ujung jari tengah. 
  4. Depa adalah pengukuran yang diseuaikan dengan ukuran sepanjang kedua belah tangan dari ujung jari tengah kanan sampai ke ujung jari tengah kiri. 
  5. Kaki adalah pengukuran yang disesuaikan ukuran panjang sebuah kaki.
2. Pengukuran baku 
Pengukuran baku merupakan pengukuran yang hasilnya tetap atau baku (Standar).Terdapat dua sistem pengukuran yang baku.yaitu pengukuran sistem Inggris  dan Sistem Metrik.  Sistem Inggris dikembangkan di Eropa, Satuan-satuan pengukuran dikembangkan  dari benda-benda di sekitan kita. Misalnya ukuran satu yard adalah jarak hidung dan  ujung jari lengan orang dewasa yang dilencangkan, ukuran satu inchi adalah jarak  butiran padi dari ujung ke ujungnya. Namun karena sifat–sifat benda diatas tidak tetap maka akhirnya satuan-satuan sistem Inggris distandarkan.

Ukuran panjang Sistem Inggris 
  1. 12 inchi = 1 kaki 
  2. 3 kaki = 1 yard 
  3. 36 inchi = 1 yard 
  4. 5.280 kaki = 1 ml 
  5. 1.760 yard = 1 mil 
Ukuran kapasitas Sistem Inggris 
  1. 2 tablespoons (tbsp) = 1 fluid ounce (fl.oz) 
  2. 8 fluid ounces (fl.oz) = 1 cup/cangkir 
  3. 2 cups/cangkir = 1 pint (pt) 
  4. 2 pints (pt) = 1 quart (qt) 
  5. 4 quarts (qt) = 1 gallon (gal) 
Ukuran Berat Sistem Inggris 
  1. 16 ounces (oz) = 1 pound/pon (lb) 
  2. 2000 pounds/pon (lb) = 1 ton (T)
Sitem Metrik dikembangkan secara sistematis pada akhir abad 18.  Pada tahun 1970, dewan Nasional Perancis mendirikan Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis  untuk merencanakan satu sistem pengukuran yang memiliki standar. Akademi tersebut mengukur. jarak dari khatulistiwa sampai ke ujung kutub utara kemudian menggunakan sepersepuluh jutaan jarak sebagai panjang satu meter. Sekarang ukuran satu meter didefinisikan sebagai 1.659.763,73  panjang gelombang garis oranye atom krypton 86. 

Satuan-satuan dasar untuk kapasitas, berat, dan luas dikembangkan pada waktu yang  sama dengan satuan panjang tersebut.Seliter adalah satuan dasar untuk kapasitas merupakan isi suatu kubus yang sisinya satu desimeter, yaitu desimeter kubik (dm³). Sekilogram adalah satuan  dasar untuk berat merupakan satu desimeter kubik air pada 4 derajat Celcius. Are adalah satuan  dasar untuk luas merupakan ukuran seratus meter persegi (100 m² ). Hektar (ha) adalah 100 are. Volume diukur dengan menggunakan sentimeter kubik (cm³) dan meter kubik (m³). 

Ukuran-ukuran dalam sistem Metrik 
  1. 10 milimeter = 1 sentimeter 
  2. 10 sentimeter = 1 desimeter 
  3. 10 desimeter = 1 meter 
  4. 10 meter = 1 dekameter 
  5. 10 dekameter = 1 hektometer 
  6. 10 hektometer = 1 kilometer 
Ukuran Kapasitas Sistem Metrik 
  1. 1000 milimeter = 1 liter 
  2. Ukuran Berat Sistem Metrik 
  3. 1000 miligram = 1 gram 
  4. 1000 gram = 1 kilogram 
  5. 1000 kilogram = 1 ton metrik
Kegiatan anak-anak Sekolah Dasar dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan 
aktivitas pengukuran seperti kegiatan dibawah ini: 
  1. mengukur meja, tinggi teman dan yang lainnya dengan pensil, pena, tangan , manik-manik atau alat-alat lainnya yang bisa digunakan sebagai pengukuran panjang yang bersifat tidak  baku
  2. mengukur meja, tinggi teman atau benda lainnya dengan alat ukur panjang seperti penggaris,  meteran dan yang lainnya 
Dalam pengukuran panjang satuan standar yang berlaku adalah: 
  1. km = kilometer 
  2. hm = hectometer 
  3. dam = dekameter 
  4. dm = hectometer 
  5. m = meter 
  6. dm = desimeter 
  7. cm = sentimeter 
  8. mm = millimeter 
Perhatikan perbandingan satuan ukur panjang di tabel 
Jika Anda perhatikan km ke hm nilainya tinggal Anda kalikan 10,dan seterusnya.Dan jika  dibalik dari hm ke km nilainya tinggal Anda bagi dengan 10

0 comments:

Post a Comment