Labels

Cara Mencari KPK dan FPB

KPK adalah singkatan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil. Dalam aritmatika dan teori bilangan, kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan adalah bilangan bulat positif terkecil yang dapat dibagi habis oleh kedua bilangan itu. Dalam bahasa Inggris KPK dikenal dengan Least Common Multiple (LCM), sering dijuga disebut sebagai Lowest Common Multiple (LCM) atau Smallest Common Multiple (SCM),
Lalu bagaimana cara mencari KPK dari suatu bilangan?
Misalkan kita akan mencari KPK dari 12 dan 15:
Kelipatan 12: 12, 24, 36, 48, 60, 72, 84, 96, 108, 120, 132, ...
Kelipatan 15: 15, 30, 45, 60, 75, 90, 105, 120, 135, 150, 165, ...
Kelipatan dari 12 dan 15 yang sama diatas adalah 60, 120, dan seterusnya, Karena kita mencari yang terkecil, maka KPK dari 12 dan 15 adalah 60.

Apabila angka yang akan dicari KPK-nya besar, maka cara diatas sulit dipakai. Ada cara yang lebih mudah lagi dibandingkan cara diatas. Yaitu dengan cara menggunakan faktorisasi prima.
Yah Elah...kalau ada yang lebih mudah, kenapa kenapa dibikin susah!!!
Santai mas bro..??
Begini caranya!!
Misalkan yang ingin dicari faktorisasi prima-nya angka 60. Nah, kita cari bilangan prima terkecil yang bisa membagi angka 60.
Bilangan prima terkecil yang bisa membagi 60 adalah 2. Lalu bagilah 60 dengan 2. Didapatkan angka 30. Lalu cari bilangan prima terkecil yang bisa membagi angka 30, yaitu 2. Lalu bagi 30 dengan 2. Didapatkan 15. begitu terus, sampai angkanya tidak bisa dibagi lagi dengan bilangan prima apapun.

Nih, kira-kira gambarnya seperti ini:

Lalu kumpulkan semua bilangan prima. Yaitu 2, 2, 3, dan 5. apabila ada bilangan yang sama, jadikan dalam bentuk pangkat. Ada 2 buah angka 2. Jadi 22.
Jadi, faktorisasi prima dari 60 adalah 22 x 3 x 5.
Bila dicari KPK-nya, kalikan semua bilangan, lalu apabila ada bilangan yang sama, cari yang pangkatnya lebih tinggi.

Contoh: KPK 30 dan 36.
30 = 2 x 3 x 5
36 = 22 x 32
Karena ada 2 buah angka 2 dan 3, cari yang pangkatnya lebih tinggi. Dalam hal ini adalah 22 dan 32. Jadi KPK dari 30 dan 36 adalah 22 x 32 x 5. = 4 x 9 x 5 = 180.
Kita juga bisa menggunakan teknologi untuk mencari KPK, yaitu dengan menggunakan Ms. Excel. Memanfaatkan Microsoft Excel yang pastinya ada di komputer kita untuk mencari KPK merupakan cara yang sangat praktis dan mudah. Misalkan: Tentukan nilai KPK dari 24, 30, dan 36 ! maka langkah pemecahannya dengan M. Excel adalah: ketikkan aja =LCM(24;30;36) kemudian enter dan liat hasilnya.. hehehe... gampang kan. ???

Bagaimana dengan FPB?
Dalam matematika, Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari dua bilangan adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis kedua bilangan itu. Dalam bahasa Inggris FPB dikenal dengan Greatest Common Divisor (GCD), sering djiuga disebut sebagai Greatest Common Factor (GCF) atau Highest Common Factor (HCF).
Kita bisa menggunakan cara sederhana untuk mencari FPB.
Misalnya kita akan mencari FPB dari 12 dan 20:
Faktor dari 12 = 1, 2, 3, 4, 6 dan 12
Faktor dari 20 = 1, 2, 4, 5, 10 dan 20
FPB dari 12 dan 20 adalah faktor sekutu (sama) yang terbesar, yaitu 4.

Mencari FPB dari 15 dan 25:
Faktor dari 15 = 1, 3, 5, dan 15
Faktor dari 25 = 1, 5, dan 25
FPB dari 15 dan 25 adalah faktor sekutu (sama) yang terbesar, yaitu 5.

Kita juga bisa memanfaatkan Microsoft Excel yang ada di komputer kita untuk mencari FPB, Misalkan: Tentukan nilai FPB dari 24, 30, dan 36 ! maka langkah pemecahannya cukup ketikkan aja =LCM(24;30;36) kemudian enter.

Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK 4403)

Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK 4403). Bagi para mahasiswa Universitas Terbuka (UT) sebentar lagi akan menghadapi ujian semester (semester IX). Salah satu mata kuliah yang akan diujikan adalah Komputer dan Media Pembelajara. Sebagai langkah persiapan menghadapi ujian berikut ini contoh soal ujian  mata kuliah Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK 4403).

1. Media yang memiliki fungsi dapat mempengaruhi perasaan bagi yang melihatnya yaitu media ...
a. grafik
b. bagan
c. diagram
d. gambar

2. Untuk menghaluskan gambar pada tahap akhir pembuatannya, dibutuhkan pensil yang
mempunyai ciri ...
a. pensil yang ujungnya runcing
b. guratannya keras
c. ujung pensil tumpul
d. guratannya lembut

3. Untuk menghasilkan potongan gambar yang lurus, sebaiknya kita menggunakan alat pemotong berupa ...
a. cutter dan penggaris
b. gunting, pensil, dan penggaris
c. pisau dan penggaris
d. silet

4. Judul gambar biasanya ditulis secara besar, artistik dan berwarna. Untuk menghasilkannya dilakukan dengan cara ...
a. mencari lewat majalah/koran
b. menulis dengan spidol
c. menggunakan pensil 6b
d. menggunakan stabilo

5. Dilihat dari sisi kemudahan mencari peralatan dan murahnya biaya pembesaran gambar, maka teknik yang paling efisien yaitu teknik ...
a. proyeksi
b. pantograf
c. kotak-kotak
d. fotocopy

6. Pak Ardi guru IPS kelas IV SD, pada saat tertentu akan membahas pokok bahasan struktur kecamatan. Agar murid-muridnya dapat cepat memahami materi yang dijelaskan sebaiknya menggunakan bagan ...
a. garis waktu
b. organisasi
c. klasifikasi
d. aliran

7. Grafik yang menggambarkan perbandingan antara beberapa hal dalam kesatuan waktu adalah ...
a. circle graphs
b. line graphs
c. personal graphs
d. bar graphs

8. Dalam membuat media pembelajaran berupa grafik, salah satu hal  yang perlu dipertimbangkan adalah ...
a. penyajian angka dalam bentuk visual
b. kebutuhan untuk menyajikan informasi yang bersifat kronologis
c. mempunyai fungsi untuki menyampaikan berita
d. digunakan untuk menarik perhatian sekelompok masyarakat.

9. Sebuah poster menggambarkan gambar harimau Jawa yang mati terkulai dan berdarah kepalanya. Dibelakangnya ada seorang pemburu berdiri memegang senapan (digambarkan agak jauh). Pesan yang ingin disampaikan yang paling tepat adalah ...
a. dilarang memburu harimau
b. lestarikanlah binatang langka
c. dilarang menembak harimau
d. berburu adalah perbuatan tercela

10. Rencana untuk menjelaskan bentuk dan warna  suatu benda dengan cara menunjukkan foto dari benda tersebut, merupakan pengertian dari perencanaan elemen visual dalam kategori bentuk visual yang ...
a. analogik
b. organisasional
c. realistik
d. realisme

11. Bentuk yang paling tepat untuk mengatur elemen-elemen visual dan verbal bila kita akan menyajikan tingkatan kedudukan dalam perusahaan adalah dengan menggunakan bentuk dasar huruf ...
a. T
b. O
c. S
d. U

12. Berikut adalah beberapa aspek langkah perencanaan pembuatan media yang berurutan secara benar ...
a. mengembangkan tujuan, membuat outline, mempertimbangkan  peserta
b. bekerja dalam tim, mempertimbangkan peserta, membuat outline
c. membuat outline, menggambarkan tujuan, bekerja dalam tim
d. mengembangkan tujuan , mempertimbangkan peserta, membuat outline.

13. Kepanjangan dari OHP yang tepat adalah ...
a. Overhead Projector
b. Overhead High Projector
c. Overhigh Projector
d. Overhigh Head Projector

14. Cahaya dari bola lampu pada OHP dipantulkan ke layar oleh ...
a. meja kaca ke cermin bawah lalu ke cermin atas
b. cermin bawah melalui meja kaca ke cermin atas
c. cemin bawah ke cermin atas lalu ke meja kaca
d. meja kaja ke cermin atas lalu ke layar

15. Prinsip kesederhanaan pada rancangan transparansi, maksudnya adalah ...
a. tidak menggunakan gambar yang beraneka rupa
b. tidak menggunakan warna yang beraneka rupa
c. dibatasi hanya satu konsep atau topik penting saja
d. dibatasi hanya menggunakan satu jenis huruf saja

16. Perilaku pengajar yang dapat menggangu perhatian siswa saat mengajar dengan menggunakan OHP adalah ...
a. menunjuk transparansi dengan menggunakan pensil/pulpen
b. meletakan pensil/pulpen diatas transparansi
c. membaca pesan langsung pada layar
d. membaca pesan langsung pada transparansi

17. Jenis transparansi "white on film" yang dipergunakan dalam memproduksi transparansi menggunkan teknik ...
a. tangan
b. thermofak
c. mesin fotocopy
d. komputer

18. Transparansi dapat dibuat secara langsung dengan cara menyediakan terlebih dahulu bahan orisinil yang telah dirancang pada kertas HVS, kemudian difoto copy  dan dimasukan  kedalam mesin. Teknik semacam ini merupakan teknik tidak langsung yaitu ...
a. thermal transparancies (the mofak)
b. photo copier transparancies film
c. computer printed trnsparancies
d. komputer

19. Peran media sederhana adalah sebagai berikut, kecuali ...
a. meningkatkan partisipasi belajar
b. memberikan pengalaman baru
c. optimalisasi panca indera anak
d. merangsang imajinasi anak

20. Perhatikan TIK berikut!
Setelah dicontohkan dengan mengelompokkan berbagai tanaman sesuai jenisnya, siswa kelas 2 SD diharapkan dapat menjelaskan konsep himpunan dengan benar.
Untuk menunjang pencapaian TIK di atas, jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai media yang sesuai dengan tingkatan usia siswa adalah ...
a. pohon-pohon yang dibonsai
b. bunga sepatu dan kamboja
c. beberapa jenis bunga anggrek
d. rumput-rumputan

21. Ada beberapa kompetensi yang perlu dikuasai guru dalam menggunakan media sederhana, diantaranya kemampuan ...
a. menseleksi secara tepat
b. merawat media dengan baik
c. mengevaluasi media sederhana
d. mendisain media sederhana

22. Jika anda akan menjelaskan mata ajar bahasa Indonesia dengan topik menggunakan perasaan kesukaan dan ketidak sukaan pada siswa kelas 2 SD, maka media sederhana yang tepat digunakan untuk memusatkan perhatian siswa adalah ...
a. berbagai macam media yang banyak terjual di toko
b. berbagai macam gambar tempel yang berhubungan dengan benda disekitar siswa yang dapat dan ditempel siswa.
c. tumbuh-tumbuhan yang terdapat di sekitar sekolah
d. sebagai media permainan yang terdapat di sekitar sekolah

23. Berikut ini yang merupakan tujuan pembuatan media sederhana yang terkait satu dengan yang lain adalah ...
a. membangun komunitas, berbasis pendidikan kreatif
b. memberdayakan barang-barang di lingkungan sekitar
c. meningkatkan keperdulian guru dengan lingkungan sekitar
d. meningkatkan motivasi guru untuk mengajar

24. Contoh media dalam bentuk permainan yang bisa menjadi pedoman guru adalah permainan ...
a. manipulatif
b. imajinasi
c. dengan nyanyian
d. membaca

25. Pak Ardi mengajak siswanya keluar dari ruangan kelasnya untuk menggambar pemandangan yang dilihatnya dan menggunting gambar-gambar untuk ditempel sebagai pelengkap gambarnya. Kegiatan terswebut merupakan contoh pemanfaatan lingkungan untuk menunjang perkembangan ...
a. motorik kasar
b. daya pikir
c. daya cipta
d. motorik halus

26. Salah satu kegunaan komputer adalah untuk pekerjaan word processing. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan ...
a. merancang dan membuat grafik ketika menyusun bahan cetak
b. mengolah kata untuk pengetikan, penyuntingan dan penyusunan tata letak
c. mengolah dan menganalisis data-data hasil penelitian 
menyimpan berbagai data yang dimiliki agar aman dan terawat
d. menyimpan berbagai data yang dimiliki agar aman dan terawat

27. Membaca dan mengiterpretasikan tugas-tugas yang diberikan melalui program, dan koordinasi dalam proses pengolahan data merupakan fungsi dari ...
a. CPU
b. printer
c. monitor
d. plotter

28. Untuk mengolah kata dalam komputer menggunakan jenis software ...
a. spread sheet
b. desktop publishing
c. word processing
d. database

29. Langkah yang harus dilakukan untuk membuka program aplikasi komputer diantaranya ...
a. meletakan panah dan ikon word dengan mouse dan meng-kliknya beberpa kali
b. meletakan panah dan ikon word dengan mouse dan meng-kliknya satu kali
c. meletakan panah dan ikon word dengan mouse dan meng-kliknya dua kali
d. meletakan panah dan ikon word dengan mouse dan meng-kliknya tiga kali

30. Mengklik tools pada menu bar dan mengklik find setelah window dibuka merupakan langkah ...
a. membuka folder dan file
b. menamakan kembali file
c. mencari dan menemukan file
d. mengkopi dan memindahkan file

31. Arti browser dalam istilah internet adalah ...
a. menjelajahi WEB
b. perogram untuk menjelajahi WEB
c. penjelajah WEB
d. pencipta / pembuat WEB

32. Mencari informasi dengan suatu topik atau judul dapat menggunakan fasilitas search dari website, kecuali ...
a. www.download.com
b. www.yahoo.com
c. www.google.com
d. www.altafista.com

PETUNJUK PENGISIAN SOAL:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR

33. Peralatan menggambarutama yang diperlukan apabila kita ingin menggambar sendiri adalah ...
1) kertas karton
2) pensil
3) pantograph

34. Dalam membuat poster kita harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut ...
1) menggunakan kombinasi gambar, warna, dan tulisan yang sesuai
2) menyesuaikan dengan data yang akan disajikan
3) tidak sulit menafsirkan pesan yang disajikan

35. Yang termasuk dalam struktur atau bangun pada saat kita menggambar alam adalah corak ...
1) daun pohon mangga
2) atap rumah
3) bulu hewan

36. Buletin board mengandung unsur ...
1) dekoratif
2) motivasi
3) instruksional

37. Faktor-faktor yang mempengaruhi keseluruhan tampilan display yaitu ...
1) kelurusan
2) bentuk
3) keseimbangan

38. Bila kita menggunakan warna merah tua sebagai warna dasar, maka warna huruf yang kontras dan mudah dibaca adalah ...
1) biru
2) putih
3) kuning

39. Dalam membuat media perlu memperhatikan elemen visual yang meliputi ...
1) realistik
2) analogik
3) grafik

40. Beberapa keuntungan utama dalam menggunakan media OHP adalah ...
1) menunjukkan posisi guru tetap berhadapan langsung dengan siswa
2) transparansi yang pernah dipakai dapat digunakan kembali
3) mudah dioperasikan oleh siapa saja

41. Hal yang harus diperhatikan dalam menetapkan tujuan produksi media transparansi OHP adalah ...
1) tujuan yang ingin dicapai dijelaskan dengan akurat
2) penyusunan tujuan harus mengandung unsur audience, behaviors, dan degre
3) tujuan harus singkat dan padat

42. OHP dapat membantu penghematan waktu presentasi maksudnya ...
1) tidak butuh waktu menulis atau menggambar pada saat presentasi
2) sistematis saat presentasi
3) materi yang terlihat dilayar dapat dengan mudash dibaca

43. Jenis tumbuhan yang digunakan sebagai media sederhana adalah tumbuhan yang sederhana ...
1) banyak terdapat disekitar anak didik dan sudah dikenalnya
2) menhasilkan nilai ekonomis bagi daerah anak didik
3) memiliki harga jual yang relatif murah

44. Alasan guru menggunakan tumbuhan sebagai media sederhana adalah ...
1) meningkatkan kreatifitas dan imajinasi anak
2) pengenalan berbagai keanekaragaman sumber hayati
3) meningkatkan keingintahuan mata ajaran bahasa
45. Perangkat fisik komputer terdiri dari ...
1) input devices
2) central processing unit
3) disket

45. Apabila kita ingin siswa dapat membedakan pohon berakr tunggang dan serabut, lingkungan yang dapat dipergunakan adalah ...
1) kebun
2) pekarangan
3) pinggir jalan

Soal Latihan UKK B. Indonesia Kelas 5 SD

Pertanyaan untuk nomor 1–5.
Hari libur yang lalu kami sekeluarga pergi ke Semarang untuk menengok saudara. Kami berencana akan naik kereta api Kerta Jaya dari Purwokerto. Saat sampai di stasiun Purwokerto, kereta api yang akan kami tumpangi tidak juga datang. Tiba-tiba Ryan, adikku yang masih kecil bertanya "kereta apinya kok lama sekali datangnya, apa bannya kempes"? Orang yang mendengar pertanyaan Ryan, tertawa. Setelah dijelaskan bahwa roda kereta api itu terbuat dari besi dan tak bisa kempis, barulah dia mengerti.

1. Ke manakah keluarga itu pergi?
a. Blitar
b. Semarang
c. Malang
d. Jogjakarta

2. Kereta api apakah yang akan mereka tumpangi?
a. Kereta Jaya
b. Kerta Jaya
c. Kesra Jaya
d. Kerta Jasa

3. Apakah yang terjadi ketika mereka tiba di stasiun Purwokerto?
a. Kami sekeluarga makan dahulu.
b. Kami semua istirahat sambil makan.
c. Kereta api tidak juga datang
d. Kami menengok keluar stasiun.

Adiku Ryan yang masih kecil bertanya pada ibuku, ”Kereta apinya, kok, berhenti lama sekali. Apa rodanya kempis?” Orang yang mendengar pertanyaan Ryan, tertawa. Setelah dijelaskan bahwa roda kereta api itu terbuat dari besi dan tak bisa kempis, barulah Ryan mengerti.

4. Apakah pertanyaan Ryan kepada Ibunya?
a. Apa keretanya mogok?
b. Apa masinisnya belum datang?
c. Apa rodanya kempis?
d. Apa keretanya rusak?

5. Apa judul yang tepat untuk cerita tersebut?
a. Roda Kereta Api
b. Pergi ke Semarang
c. Orang Tertawa karena Adikku
d. Stasiun Kereta Api Purwokerto

6. berlibur - sekolah - Ancol - ke - kami
Susunan kalimat yang tepat ialah ....
a. Kami sekolah berlibur ke Ancol.
b. Berlibur kami sekolah kami ke Ancol.
c. Sekolah berlibur ke Ancol kami.
d. Sekolah kami berlibur ke Ancol.

7.      Hujan
Kau dinanti, hujan
Para petani menanti
Hingga berbulan-bulan
Kami memohon
Kepada yang kuasa
Mengapa hujan belum turun?
Oh, hujan
Kadang kau sangat dibutuhkan
Dan kadang merugikan

Ekspresi yang tepat untuk membaca puisi itu ialah ....
a. senang
b. sedih
c. gembira
d. biasa-biasa

8. Harapan apa yang disampaikan penulis puisi itu (soal no.7)?
a. Permohonan kepada Yang Kuasa agar hujan reda.
b. Permohonan kepada Yang Kuasa agar hujan turun.
c. Petani sawahnya kekeringan.
d. Supaya hujan jangan merugikan

9. Berdasarkan surat edaran kepala sekolah, lomba mengarang cerita dibagi menjadi tiga
    kelompok.

Kutipan surat tersebut merupakan bagian ....
a. isi
b. pembuka
c. penutup
d. akhir

10. Yth.
Bapak Rudi Harahap di kelas 5 SDN 4 Lumbir
Dilihat dari tujuannya, surat itu ditujukan kepada ....
a. teman
b. saudara
c. guru
d. ayah

11. Patih Anom pun ingin anak laki-lakinya menjadi lelaki yang dihargai penduduk kampung. Patih Anom juga ingin anaknya kelak dapat menjadi pelindung seluruh kampung. Selain itu, Patih Anom ingin anaknya berlaku adil.

Pokok pikiran paragraf tersebut adalah ....
a. keinginan Patih Anom
b. anak Patih Anom
c. Patih Anom jadi pelindung penduduk kampung
d. keadilan anak Patih Anom

12. Berapakah lebar ruangan tidurmu?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah ....
a. panjang
b. sempit
c. 20 ribu rupiah
d. tujuh meter

13. Mari, kita jadikan membaca sebagai kebutuhan!
Kalimat tersebut berisi ....
a. perintah
b. ajakan
c. harapan
d. permohonan

14. ”Ibu, saya tadi baca majalah anak. Di sana, ada tulisan tentang peduli kasih majalah anak
Wow. Ada banyak anak telantar yang butuh perhatian kita,” kata Nuri.”Memang, Nak! Banyak anak-anak seusiamu yang kurang beruntung,” ujar ibu.”Kalau bagitu, Nuri mau sumbangkan saja honor tulisan Nuri itu. Mereka lebih membutuhkannya,” Nuri menegaskan.
Watak Nuri dalam kutipan percakapan cerita itu adalah ....
a. percaya diri
b. sombong
c. kikir
d. baik hati

15. Lulu : ”Pokoknya ke mana pun aku
Thomas : ”Wah, ada apa dengan
Lulu : ”Sebab aku dapat hadiah
Dialog tersebut menggambarkan ....
a. keriangan
b. kesedihan
c. kesusahan
d. kejenuhan

16. ”Selamat pagi! Sekitar pukul 9 pagi, tim jalan kaki remaja berhasil memecahkan rekor nasional. Remaja dalam tim Merah itu melakukan jalan kaki dengan cara mundur”. Nantikan berita selanjutnya setelah pendengar menyimak jeda iklan berikut.
Orang yang menyampaikan berita radio tersebut dinamakan ....
a. penyair
b. wartawan
c. redaktur
d. penyiar

17. Jika ingin tahu nomor telepon rumah makan, kamu dapat mencarinya di ....
a. jadwal acara televisi
b. agenda harian
c. buku panduan telepon
d. jadwal acara radio

18. Adikku dirawat di R.S. Pelita Bunda.
Kalimat itu menyatakan jawaban yang tepat untuk kalimat tanya ....
a. Mengapa adikmu?
b. Bagaimana adikmu saat ini?
c. Apakah adikmu sudah sembuh?
d. Di mana adikmu dirawat?

19. Aku sendiri ingin marah, tetapi kutahan. Cerdik juga si Kimung mempermainkanku. Aku tetap bisa mengendalikan diri.
Bagaimana sifat  tokoh ”aku” dalam kutipan cerita tersebut?
a. besar kepala
b. usil
c. cerdik
d. sabar

20. Yunan tampak nyaman bertopi hijau di hari yang terik ini.
Arti kata bertopi adalah ....
a. memakai
b. memilih
c. memiliki
d. mengenai

21. Anto : ”Baiklah kaucari buku yang hilang itu. Siapa tahu masih tersimpan di kamarmu. Sudah dulu, ya. Itu saja pesanku.’
Brian : ” Iya, To!”
Isi pesan yang disampaikan Anto adalah ...
a. Anto akan berpesan kepada Brian.
b. Anto menyuruh mencari buku di kamar Brian.
c. Brian hendak menyampaikan pesan.
d. Anto mencari buku di rumah Brian.

22. Walau seorang tunanetra, dia tak putus sekolah.
Kata tunanetra artinya ....
a. tidak dapat berbicara
b. tidak dapat mendengar
c. tidak dapat melihat
d. tidak dapat berjalan

23. Sarah : ”Yu, katanya kau juara lomba
      Ayu    : ”....”Jika ragu-ragu, Uyu akan mengatakan
a. Benar sekali, Sarah!
b. Itu tidak benar, Sarah!
c. Tentu dong!
d. Ah, tidak mungkin!

24. Ketika bermain drama, hal yang penting diucapkan ialah ....
a. naskah drama
b. latar drama
c. dialog
d. amanat

25. Kami .... mengadakan kunjungan ke museum minggu depan.
a. dari
b. akan
c. segera
d. belum

26. Seni membaca puisi dinamakan ....
a. proklamasi
b. argumentasi
c. deklamasi
d. deskripsi

27. Bambang amat pandai mengambil hati kawan sebangkunya.Kawannya itu tidak jadi marah.
Arti mengambil hati  ialah ....
a. mengajak
b. menipu
c. merayu
d. melayani

28. Ikutilah lomba mengarang cerita! Peserta dibagi menjadi dua kelompok. Segera daftarkan dirimu ke panitia lomba.
Kalimat seperti itu sering kita temui dalam ....
a. petunjuk penggunaan obat
b. petunjuk penggunaan alat elektronik
c. pengumuman
d. surat pribadi

29. ”Ayo, kita mematuhi peraturan sekolah ini,” kata pak Guru.
Murid-murid menyatakan, ”Siap Pak!”
Persamaan arti kata mematuhi ....
a. melanggar
b. melaksanakan
c. menaati
d. menanti

30. Silakan, kamu datang saja ke rumah Tuan Joher. Tuan itu beruang banyak.
Awalan  ber- pada kata yang dicetak miring bermakna ....
a. mengenakan
b. memiliki
c. memberi
d. membuat

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
Lumbir, 10 Januari 20012
Teruntuk sahabatku Haris Rahman
di Jakarta


Salam persahabatan, Suratmu telah kuterima pada tanggal 7 Januari 2012. Saya ucapkan terima kasih atas perhatianmu. Saya amat bahagia, kawan. Walau terpisah jauh, kita tetap masih berkawan. Saya rindu ingin bertemu dan bercerita seperti dua tahun yang lalu. Haris yang baik, ucapan selamat darimu cukup membesarkan hati saya untuk legih giat lagi berlatih. Terima kasih atas dorongan semangatmu yang tulus itu. Apakah Haris juga masih giat mengarang? Kalau saja kita sedaerah, mungkin saya masih harus berlatih keras untuk menyaingi karanganmu, he..he.... Saya berharap mudah-mudahan kita dapat berjumpa pada lomba mengarang tingkat nasional di Jakarta. 

Kawanmu yang jauh, 



Imron Ashari

1. Surat diatas ditujuakan kepada...
2. Siapakah penulis surat itu ...
3. Tanggal berapakah Imron menulis surat pada Haris ...
4. Perasaan rindu apakah yang dialami Imron ...
5. Mengapa Aldi mengucapkan terima kasih kepada Roro Astuti...
6. Apakah kegemaran Haris itu ...
7. Apakah harapan Imron di surat itu ...
8. Di manakah Haris tinggal ...
9. Tanggal berapakah Imron menerima surat dari Haris ...
10. Imron berharap dapat bertemu haris dimana ...